Cara Memperpanjang Paspor (2014)

IMG_4550

Cara Memperpanjang Paspor 2014

Seperti  yang kuceritakan sebelumnya, saat hendak berlibur ke Boracay bulan lalu, aku ditolak di Malaysia karena masalah sepele, yaitu pasporku hanya 5 bulan sekian hari dan aku harus menghabiskan libur lebaran di Indonesia lagi. I know, I’m so stupid!!

Begitu sampai di Indonesia, hal pertama yang kulakukan adalah pergi ke kantor Imigrasi Jakarta Timur untuk  memperpanjang pasporku. Berikut adalah pengalamanku:

  • 24 Juli. Masih dengan rasa tidak percaya aku tidak bisa berlibur ke Boracay, aku pergi ke kantor imigrasi dengan membawa dokumen asli dan foto kopi dari: Pasport lama, Kartu Keluarga, Akte Lahir, dan KTP. Saat itu, berhubung menjelang lebaran, suasana tidak begitu ramai dan kurang dari sejam setelah mendapatkan nomer antri di lantai 1, aku telah dipanggil ke loket 1  di lantai 2 untuk pemeriksaan dokumen-dokumen tadi dan akhirnya mendapatkan jadwal wawancara 5 Agustus 2014. (I know, too long, but what can you do? Lagi libur lebaran, kalau tidak, biasanya cuma satu minggu). Jadwal wawancara tersebut berupa selembar kertas berisi biaya pembuatan paspor yang harus kubayar di BNI.
  • 4 Agustus. Membayar biaya perpanjangan paspor di BNI sejumlah 360rb (355 untuk paspor & 5rb untuk biaya bank). Mendapatkan dua kopi bukti transaksi. Satu untuk jadwal wawancara dan satu lagi sebagai bukti pembayaran.
  • 5 Agustus. Datang sesuai jam yang telah ditentukan. Aku disuruh ke loket 6, menyerahkan bukti pembayaran bank dan kertas wawancara, mendapatkan nomer antri, disuruh ke loket 10. Menunggu sekitar 2 jam untuk foto dan wawancara. Petugas wawancaranya agak cerewet tapi biasa saja. Jawab sesuai pertanyaan dan seolah-olah belum puas melihat dokumenku, dia juga meminta foto kopi ijazah kuliahku. Oh ya, selalu siapkan dokumen asli saat wawancara (KTP, KK, Akte lahir, Ijazah, etc).
  • 8 Agustus. Tinggal datang sebelum jam 11.30 ke kantor imigrasi, berbekal bukti pembayaran BNI, mendapatkan passport baru. Kita dapat meminta passport lama untuk keperluan visa.

Semoga informasi ini bermanfaat.

@Titoley

Advertisements