Diet Story: We Read everything but doin nothin’

Tanyakan jenis-jenis diet dan metodenya, kemungkinan besar aku mengetahuinya dan bisa memberikan penjelasan. Beberapa jenis diet telah kuketahui dan kupraktikan, mulai dari jenis diet tanpa karbohidrat yang membuat kelaparan setiap hari sampai diet seimbang yang menurutku cukup berhasil sejauh ini. Yeah… aku tahu, aku adalah salah satu dari sekian ribu “diet freaks” di luar sana.

Segala informasi dan tips-tips  kesehatan, terutama tentang diet dan 6packs abs secara instant pasti mampu menarik perhatianku. Maksudku, siapa coba yang tidak ingin memiliki tubuh yang ideal? Setiap orang setidak-tidaknya pernah berkhayal ‘tuk memiliki tubuh yang keren,  walaupun tidak semuanya kesampaian.

Masalahnya, di tengah dunia informasi yang begitu cepat, kita kewalahan memilah informasi. Begitu cepat dan begitu seringnya kita di bombardir oleh tawaran menggiurkan tentang “tubuh ideal”.  Contoh sederhananya, coba saja lihat majalah-majalah kesehatan di stand majalah. Bahkan dari satu majalah kesehatan saja, informasi yang diberikan selalu berbeda setiap minggu/bulannya. “5 tips sederhana membakar lemak”; “Diet 4 minggu untuk tubuh sempurna”; “10 Jenis makanan pembakar lemak”; “Cara instant mendapatkan perut 6packs”, “15 Cara baru membentuk otot”, dan bla…bla…bla…tidak (akan) pernah berhenti mengalir.

Walaupun terdengar sangat manis dan menjanjikan hasil yang efektif, namun seringkali kita lupa satu hal.  Kebanyakan dari kita adalah pendengar yang (sangat) rajin, tetapi bukan pelaksana yang teladan. Setiap artikel/buku/video terbaru bermunculan, dengan mudahnya juga kita akan berpindah hati dan strategi. Seperti kata pepatah: “panas-panas t*** ayam”, kita akan merasa exited untuk dua hari pertama, lalu bosan dan setengah hati melakukan metode diet tsb sampai akhir minggu sebelum berganti metode lagi. Sehingga terkadang, output dari setiap diet dan olah raga yang kita sudah kerjakan tidak maksimal. Kita seperti marmut yang berlari dalam lingkaran roda. Bergerak tetapi tetap di tempat. Berganti-ganti metode diet dan olahraga setiap minggu dan bertanya, “Kenapa tidak ada perubahan berarti?” Serius????!!

So, next time when we want to implement one particular kind of diet/exercises, please stick with it at least 2 months and see the if there any different before and after. Just remember, sometimes, TMI (too much information) doesn’t mean it is good.

Advertisements