Catatan Diet (part.4): TERLENA

Berat Badan: 65 kg

Berat Awal   :   73 kg

Diet  : No comment

                       Bukan bermasalah dengan berat badan yang belum turun lagi, tetapi cenderung kepada pola makanan yang kacau balau. Jika diet pada  awal program menuju tubuh impian (5 bulan yang lalu) sangat diperhatikan, maka sekarang tidak lagi. Tidak ada lagi beras merah,  ayam yang dipanggang/direbus, dan snack berupa buah. Kecenderungan sekarang adalah, apapun yang ada didepanku saat sedang lapar (biasanya hampir tiap 3jam sekali), akan kumakan. Perutku bertemu lagi dengan makanan berminyak dan snack berkalorie tinggi tapi tidak mengenyangkan.

                      Menurutku, aku sedang berada dalam fase “terlena” dengan hasil yang sementara kudapatkan. Kehilangan 8 kg, celana yang sering dikecilkan, dan beberapa ucapan “terlihat kurus” dari beberapa orang membuatku merasa sudah “menang”. Padahal sebenarnya, aku masih berada jauh dari menang. Masih harus menurunkan kadar lemak beberapa kg lagi dan membentuk otot sebagai gantinya.

                      Sekalipun intensitas olahraganya tetap bahkan meningkat, tetap saja hasilnya lambat/kurang efektif. Mengapa? Karena olahraga tidak didukung oleh diet yang sehat.  Teori Idealnya, olahraga dan diet yang seimbang lah yang bisa mempercepat proses pembentukan tubuh yang ideal (which is so true).  Diet yang sehat seharusnya menjadi bagian dari gaya hidup kita seterusnya, bukan hanya pada saat kita butuh untuk membuang beberapa kg kelebihan lemak, setelah itu lalu kembali ke pola makan lama. But it’s okay, untuk beberapa saat terlena dengan pola makan lama, karena dengan begitu, bisa menjadi “cambuk” dan menambah motivasi lagi untuk kembali ke menu diet yang benar. Tapi please, jangan marah pada dirimu sendiri karena dietnya kurang disiplin. Tubuh kita hanyalah bagian dari “hanyalah manusia biasa”, rite?

Tips!!!

+ Ganti rutinitas olahraga (baik kardio/weight exercises) sebulan sekali agar tidak cepat bosan dan memberikan kesempatan untuk melatih seluruh bagian tubuh.

+Selalu sarapan (SEHAT) di pagi hari, karena akan mengurangi rasa lapar yang berlebihan di siang hari, yang cenderung membuat kita lapar mata dan menghabiskan semua yang disajikan.

Advertisements